Langsung ke konten utama

Gagasan Pendukung Mengenai Merdeka Belajar

Bahasa Indonesia 

Mengungkapkan Gagasan dalam Situasi Formal dan Nonformal

Merdeka belajar adalah memberi kebebasan dan otonomi kepada lembaga pendidikan, dan merdeka  dari birokratisasi, dosen dibebaskan dari birokrasi vang berbelit serta mahasiswa diberikan  kebebasan  untuk memilih  bidang yang mereka sukai. Menurut Nadiem Makarim Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Merdeka Belajar – Kampus Merdeka merupakan kebijakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, yang bertujuan mendorong mahasiswa untuk menguasai berbagai keilmuan yang berguna untuk memasuki dunia kerja. Kampus Merdeka memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk memilih mata kuliah yang akan mereka ambil. Adanya konsep belajar merdeka tentunya bertujuan untuk memberikan keleluasaan kepada mahasiswa untuk belajar di luar kampus. Konsep tersebut terus dikembangkan oleh kemendikbud sebagai upaya untuk mendapatkan calon pemimpin masa depan yang berkualitas.

Sumber: https://sevima.com/apa-itu-merdeka-belajar-kampus-merdeka/.

Jika saudara berada pada kelompok afirmasi, silakan diskusikan pernyataan yang akan disampaikan sebagai bentuk dukungan dari pernyataan di atas, pernyataan yang diberikan dapat disertai dengan teori pendukung dari buku atau hasil penelitian.

Jawab :

Menurut saya Merdeka Belajar – Kampus Merdeka bagus bagi mahasiswa. Seperti yang kita ketahui mahasiswa berperan penting dalam membentuk kepemimpinan masa depan. Mahasiswa harus memiliki karakter kuat dan mandiri.

Dikutip dari Penelitian tentang Dampak Pelaksanaan MBKM terhadap soft skills dan hard skills mahasiswa, dapat disimpulkan pelaksanaan program MBKM berdampak pada: (1) Peningkatan beberapasoft skills seperti kemampuan komunikasi,kemampuan menyelesaikan masalah, kreativitas, dan kemampuan menyelesaikan konflik; (2) Pelaksanaan Program MBKM berdampak pada peningkatan beberapa hard skills seperti empati, kemampuan bersosialisasi, kemampuan menggunakan teknologi, pemikiran kreatif dan inovatif, dankemampuan menulis dan mengadakan riset; Antara soft skillsdan hard skills yang lebih terdampak dari pelaksanaan MBKM adalah hard skills, yaitu kreativitas.

(Rahmawanti, M. R., & Nurzaelani, M. M. (2022). Dampak Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka Bagi Peningkatan Soft Skills Dan Hard Skills Mahasiswa Fkip Universitas Ibn Khaldun Bogor. Educate: Jurnal Teknologi Pendidikan, 7(1), 37-47.)

Maka Merdeka Belajar - Kampus Merdeka dapat meningkatkan soft skills dan hard skills mahasiswa, yang dibutuhkan agar dapat memasuki dunia kerja serta bisa mendapatkan calon pemimpin masa depan yang berkualitas.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menuangkan Pendapat Tentang Hasil Penelitian tentang Minat Baca

Bahasa Indonesia Membaca Intensif dan Ekstensif STUDI TENTANG MINAT BACA MAHASISWA FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNY Deni Hardianto* Dari penelitian ditemukan bahwa; (1) minat membaca mahasiswa FIP, secara umum termasuk dalam kategori rendah, (2) aktivitas mahasiswa dikampus adalah menunggu di depan kelas, hanya sebagian kecil mahasiswa yang memanfaatkan waktu luang untuk membaca buku atau ke berkunjung ke perpustakaan. (3) buku yang paling disukai mahasiswa FIP untuk dibaca adalah jenis buku-buku popular (buku politik, buku pelatihan, buku pendidikan popular, buku-buku motivasi) sedangkan untuk teks ilmiah kurang diminati aspek desain dan layout kurang menarik, (4) intensitas waktu yang diluangkan mahasiswa dalam membaca buku relatif rendah, yaitu kurang dari 1 jam tiap harinya bahkan ada yang tidak perna sama sekali meluangkan waktu untuk membaca, kecuali menjelang ujian, (5) faktor yang menghambat mahasiswa dalam membaca, yang paling besar adalah berasal dari dalam diri mahasiswa yang di...

Membaca artikel “Belajar Malu dari Putri Malu” untuk menerapkan teknik SQ3R

Membaca artikel “Belajar Malu dari Putri Malu” untuk menerapkan teknik SQ3R Tugas Bahasa Indonesia 1. Temukanlah informasi awal, identitas, dan topik artikel! (langkah survey) Jawab : a. Informasi awal Putri malu atau yang disebut dengan mimosa pudica merupakan jenis tanaman yang bersifat sensitif. Putri malu sensitif terhadap sentuhan dan tiupan angin. Saat matahari terbenam putri malu juga menguncupkan daunnya dan merekah kembali saat matahari terbit. Putri malu secara nyata-alami terlihat memiliki perasaan. Sebagai manusia harus mempunyai perasaan malu (Belajar Malu dari Putri Malu). b. Identitas Judul artikel : Belajar Malu dari Putri Malu Penulis artikel : Jaya Suprana Sumber : https://www.kompas.com/tren/read/2020/11/20/115041065/belajar-malu-dari-putrimalu?page=all#page2 c. Topik artikel : Mempelajari Perasaan Malu dari Putri Malu 2. Buatlah tiga pertanyaan yang relevan dengan isi teks! (langkah question) Jawab : Apa yang menyebabkan reaksi gerak dedaunan Putri Mal...

Penggunaan Huruf Kapital

Bahasa Indonesia Menyusun Karya Ilmiah Silakan perhatikan penggunaan huruf kapital pada kalimat berikut! Wati suka membeli bika Ambon Kita harus selalu menghormati Ibu dan Bapak Dosen Saya telah membaca novel Tenggelamnya Kapal van Der wijck karya HAMKA “Ibu Nana dari mana?“ tanya Wati. Pada tahun 2005, undang-undang Guru dan Dosen sudah diresmikan Saksi bisu pertemuan kita adalah sungai Bengawan Solo   Diskusikanlah, kalimat mana sajakah yang menurut Anda menggunakan huruf kapital yang benar dan mana yang salah? Berikan tanggapan dengan menyertakan alasan yang logis berdasarkan teori pendukung dari buku atau kamus! Jawab: 1. Wati suka membeli bika Ambon. Penggunaan huruf kapital pada kata "Ambon" salah karena huruf pertama nama diri geografi yang digunakan sebagai nama jenis ditulis dengan huruf nonkapital. Misalnya: jeruk bali (Citrus maxima) kacang bogor (Voandzeia subterranea) nangka belanda (Anona muricata) petai cina (Leucaena glauca) Maka penulisan yang benar : Wati su...